KBM Daring SMP Lokon, Guru Mengajar Dari Rumah ~ Losnito NEWS | SMP-SMA LOKON

31 Maret 2020

KBM Daring SMP Lokon, Guru Mengajar Dari Rumah

Dalam Bahasa Indonesia, Guru adalah seorang pengajar suatu ilmu, pendidik profesional dengan tugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik (Wikipedia).

Fungsi guru inilah tetap dijaga kendati suasana terkini tidak memungkinkan tatap muka dengan peserta didik. Gegara pencegahan penyebaran Covid-19.

Proses Pembelajaran SMP-SMA Lokon saat ini mengikuti arahan dari Diknas. Tidak ada pembelajaran di Sekolah. Tapi Guru harus tetap mengajar. Tidak di kelas. Tapi di dunia maya. Inilah untuk kali pertama, para guru mengajar secara "on line".

Beruntung Lokon telah memiliki "lisensi" Microsoft sejak lama. Teknologi Office 365 yang ada "classroom"nya, telah diterapkan oleh para guru dan siswa Lokon dengan menggunakan usernya masing-masing.

Proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Teams, Forms, OneNote dan aplikasi bawaan Office 365, tak asing lagi bagi para guru Lokon.

"Kaizala ikut membantu berkomunikasi dengan peserta didik. Kaizala itu seperti WA. Bahkan bisa untuk absensi siswa" kata Agnito, Direktur DOP YPL.

"Kendalanya tak semua siswa terjangkau layanan internet atau kuota datanya menipis. Jika demikian, kami kirom lewat WA" lanjut Nito.

0 comments: