SMA Lokon Partnerships Dengan BRIDGE Australia ~ Losnito NEWS | SMP-SMA LOKON

23 Oktober 2020

SMA Lokon Partnerships Dengan BRIDGE Australia



Tomohon, LOSNITO NEWS - Jakarta, 21 Oktober 2020 – Hari ini, Asia Education Foundation (AEF) menandatangani Pembaharuan Catatan Kesepahaman dengan 10 sekolah dan madrasah BRIDGE di delapan Provinsi di Indonesia. Kegiatan penandatanganan ini bertujuan untuk memastikan keberlanjutan kerjasama antara Program BRIDGE (yang diwakili oleh AEF) dan 10 sekolah dan madrasah terpilih dari Indonesia, terkait dengan partisipasi mereka dalam Program Kemitraan Sekolah BRIDGE Australia-Indonesia. 



Tahun ini, lagi-lagi SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon menjadi salah satu dari 10 sekolah dan madrasah se-Indonesia yang terpilih dalam Australia-Indonesia BRIDGE School Partnerships Program. BRIDGE sendiri merupakan singkatan dari Building Relationships Through Intercultural Dialogue & Growing Engagement. 

Pada tanggal 8 – 13 September 2019, siswa/i dari ‘Sister School’ SMA Lokon yaitu Berwick Secondary College beserta guru-guru datang ke SMA Lokon sebagai bagian dari BRIDGE Program ini. Mereka tinggal di Wisma Lokon dan belajar serta mengikuti kegiatan sehari-hari bersama dengan siswa/i LOSNITO. Acara ditutup dengan Cultural Night & Farewell Party yang dilaksanakan secara meriah pada 13 September 2019 di Indoor Sport Hall SMA Lokon.

Proses ini dimulai dengan serangkaian proses seleksi yang kompetitif, kepada sekolah-sekolah dan madrasah-madrasah yang berkemitraan aktif. Di awal 2020, AEF memilih 10 kemitraan untuk mendapatkan dukungan tambahan yang berupa pelibatan satu orang guru tambahan dari tiap sekolahnya. Acara penandatanganan Pembaharuan Catatan Kesepahaman dan pengumuman guru terpilih ini adalah langkah awal dari dukungan yang akan diberikan oleh AEF kepada sekolah dan madrasah ini.
Bp, Victor Oktavianus Rori, Guru SMA Lokon
terpilih training di Australia

Selanjutnya guru tambahan dari sekolah dan madrasah akan mengikuti kegiatan dalam komponen Program Pembelajaran Professional (PLP), yang didalamnya termasuk kegiatan Pelatihan Pra Keberangkatan (PDT), kegiatan Pembelajaran Profesional, kunjungan sekolah mitra dan homestay. Namun, dikarenakan Pandemi COVID-19, semua kegiatan program tatap muka, baik dalam maupun luar negeri, masih akan ditunda. Dengan ketidakpastian terlaksananya kegiatan tatap muka dan sesuai arahan Pemerintah Australia, AEF memutuskan untuk melaksanakan kegiatan Penandatanganan Pembaharuan Catatan Kesepahaman dengan 10 sekolah dan madrasah BRIDGE, untuk mendapatkan dukungan tambahan.

Sebagai dukungan untuk pengembangan Kemitraan Sekolah BRIDGE, perwakilan dari Pemerintah Australia melalui Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT), Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama terkait diundang dan hadir dalam kegiatan ini sebagai saksi dalam acara Penandatanganan Pembaharuan Catatan Kesepahaman hari ini.

Kegiatan penandatanganan ini bertujuan untuk memastikan keberlanjutan kerjasama antara Program
BRIDGE (yang diwakili oleh AEF) dan 10 sekolah dan madrasah terpilih dari Indonesia, terkait dengan
partisipasi mereka dalam Program Kemitraan Sekolah BRIDGE Australia-Indonesia. Prinsip-prinsip ini menetapkan bahwa sekolah yang berpartisipasi akan berkolaborasi secara berkelanjutan memberikan kontribusi untuk memastikan kelangsungan kemitraan internasional mereka.

#AyoGabungDiLOSNITO

Informasi & Pendaftaran : 
- 0813 5460 0305 (Fido)
- 0853 4378 8735 (Daybie)





0 comments: