OUTBOUND: Leadership, Team Work, Team Building, Challenge Games ~ Losnito NEWS | SMP-SMA LOKON

05 September 2009

OUTBOUND: Leadership, Team Work, Team Building, Challenge Games

Sejak MAP (Mahawu Adventure Park) dibangun di awal tahun 2009 ini, banyak kelompok-kelompok baik dari sekolah, perusahaan, perkantoran dan masyarakat menggunakan fasilitas MAP untuk kegiatan-kegiatan yang menyangkut pembinaaan kepribadian, kebersamaan dan kedisiplinan.

Siswa-siswi Asrama Lokon selalu menngadakan "ourbound training" untuk mencari pemimpin-pemimpin yang handal dan unggul sekaligus melatih dan membina untuk bisa membangun team-work, dinamika kelompok.

Berbagai games dibuat. Pipa bocor dibuat untuk membangun kerjasama secara team. Tanpa kerjasama pasti gagal. Apalagi kalau semua merasa jadi pemimpin. Makin hancur deh. Permainan "pipa bocor" butuh kompak sekaligus berfokus pada tujuan.

Sedangkan permainan "air beracun" yaitu memindahkan air di ember dengan masing-masing memegang tali yang diikatkan di ember, mengandung maksud supaya peserta sadar antara "kata" dan "perbuatan" seringkali tidak sama dan sulit. Tentu, permainan ini juga membutuhkan kekompakan.

Yang sifatnya tantangan pribadi juga ada. Yaitu permainan "high ropes" atau jembatan tali. Permainan ini menantang setiap peserta untuk berani mengatasi ketakutan diri sendiri dan harus tenang, tidak gugup. "Flying Fox" juga permainan individu agar peserta berani mengatasi ketakutan diri sendiri sehingga menjadin pribadi yang tahan bantingan.

0 comments: