Tes Masuk siswa baru SMP LOKON & SMA LOKON berasrama Tahun Pelajaran 2017/2018 telah dibuka.

26 Mei 2014

Graduation SMA/SMP Lokon 2014


Penamatan 111 siswa SMA Lokon St. Nikolaus 2014 Angkatan X


Tomohon, LOSNITO Campus - Graduation atau acara penamatan tahun 2014  berbeda dengan tahun sebelumnya. Bukan hanya 111 siswa SMA Lokon yang akan mengikuti penamatan, tetapi 38 siswa SMP Lokon untuk pertama kali ikut dalam acara Graduation.

Sejak jam 7 pagi, para siswa yang akan mengikuti graduation sudah berdtangan di lobby sekolah. Siswa SMA berpakaian seperti tahun lalu. Untuk cowok menggunakan setelan jas gelap, sedangkan cewek kebaya kuning keemasan. Bunga dada ditempelkan pada setiap siswa yang akan tamat dari SMA.

Sementara itu, kostum siswa SMP menggunakan kebaya warna pink dan cowoknya berpakaian jas dan berdasi merah semua. Tak ada bunga dada dipasangkan untuk siswa SMP.


Penamatan 38 siswa SMP Lokon St. Nikolaus, Angkatan I
Tepat pukul 8, prosesi dari lobby menuju ke spothall dimulai. Marching Band mengiringi pprosesi dengan menampilkan lagu-lagu andalannya yang sama seperti saat ikut pawai Hardiknas yang lalu. Setelah MB, berturut-turut siswa yang didampingi oleh orang tua atau walinya. Di belakang mereka pimpinan yayasan, kepala sekolah dan para guru serta tamu undangan.

Setibanya di sport hall, rombongan disambut oleh para siswa adik kelas yang sudah lebih dahulu berada di sporthall. Cuaca cerah saat rombongan berjalan dari lobby ke lokasi pertemuan. Kemeriahan prosesi sangat dibantu oleh suara marching band.

Acara graduation telah disusun oleh panitia dengan rapi. Sambutan dari Pak Ronald Korompis, Ketua YPL, Kepsek SMP, Prof. Dr. Mezak Ratag, APU, Kepsek SMA, Dr. Max Imbang, perwakilan siswa SMP, perwakilan siswa SMA, Kadis Diknas Tomohon, perwakilan orang tua SMP-SMA, dan pemberian penghargaan kepada karyawan terbaik dan karyawan yang sudah 10 tahun bekerja.

"Pengalaman suka duka hidup selama tiga tahun di SMP dan asrama memberi pelajaran yang berguna terutama dalam menjalin persahabatan, pertemanan, dan hidup berasrama. Ini memberikan nilai hidup tersendiri yang tak akan terlupakan. Demikian juga interaksi dengan guru, pamong dan karyawan juga menambah pada sebuah nilai bahwa kita ada karena kamu ada" tegas Matteuw Tinggian, mantan ketua OSIS SMP sekaligus perwakilan siswa SMP yang ditamatkan.


Salah satu siswa asal Papua
"Kurikulum berbasis kehidupan dengan menekankan bukan hanya pada intelektualitas saja tetapi etika moral yang diterapkan di SMA Lokon, terus terang membawa nuansa lain selama berada di sekolah dan asrama. Yang jelas, keberhasilan hidup bukan hanya dari pandainya seorang tetapi bagaimana siswa juga berkarakter baik.Hal lain yang membuat kami senang adalah kami bisa mendengarkan kesaksian-kesaksian dari tokoh-tokoh nasional maupun luar negeri yang datang ke sekolah untuk mensharingkan keberhasilannya" ujar Gumansalangi, mantan Ketua OSIS, dalam sambutannya mewakili siswa.

"Hendaknya siswa setelah tamat dari Lokon tetap memiliki ketekunan, kerendahan hati, takut pada Tuhan. Jadi jangan hanya berpikir soal intelektual saja tetapi perlu memperhatikan karakter juga" tegas pak Ronlad dalam sambutannya.

Acara graduation kali ini dimeriahkan dengan koor dari siswa sma, penampilan dari guru-guru siswa smp, guru-guru dan kolintang dari siswa SMA. Puncak acara penamatan ditandai dengan penyerahan kenang-kenangan dari kepsek SMP-SMA dan Pak Ronald kepada setiap siswa yang tamat dari SMA dan SMP. (***)



0 komentar: