21 November 2016

In House Training: Penilaian Guru SMP/SMA Lokon

Para Peserta dan Narasumber

LOSNITO NEWS - Menjelang Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun Pendidikan 2016/2017, para guru SMP dan SMA Lokon mengadakan "In house training" tentang bagiaman meningkatkan kemampuan penilaian Guru terhadap hasil ujian para siswa. IHT ini dilaksanakan pada 18-19 November 2016 di Minitheatre SMA Lokon.

Narasumber didatangkan dari Dosen-dosen Universitas Sanata Dharma Yogyakarta sebagai wujud dari kerjasama Yayasan Pendidikan Lokon dengan USD yang telah ditandatangani setahun yang lalu.



Dr. Bonifasius Widharyanto, M.Pd dan Dr. Sebastianus Widananrto Prijowuntato, S. Pd. M.Si dari USD menjadi narasumber dan mendampingi para guru hingga berakhirnya acara.

"Dalam proses menilai kemampuan siswa, guru dihadapakan pada masalah ketidaktuntasan siswa (ketuntasan materi belajar dan ketuntasan capaian siswa) dalam proses pembelajaran sehingga siswa harus remedi ketika nilainya tidak mencukupi" kata Kepsek Stephanus Poluan saat membuka kegiatan.
Kerja Kelompok


"Guru harus tahu bagaimana menyusun instrumen penilaian, apakah soal dibuat sesuai dengan KD yang ada? Kesesuaian soal dengan KD itu bisa dianalisa dari hasil penilaian. Apabila soal yang diberikan terlalu berat bahkan di luar KD, maka bukan berarti siswa itu bodoh. Barangkali soalnya tidak sesuai dengan ketuntasan. Hal-hal demikian yang perlu kita lihat kembali agar, sistem penilaian yang dibuat setiap guru lebih berkualitas dan siswa pun bisa dinilai kemampuannya dengan benar" ujar Pak Wid saat memberikan ceramahnya tentang Pentingnya Penilaian.

Narasumber dan Pimpinan Sekolah/Yayasan

Agar para guru mernyadari betapa pentingnya penilaian dalam proses kemajuan peserta didik, narasumber telah menyiapkan bahan Presentasi IHT:
  1. Menyusun dan paham berbagai model Instrumen Penilaian
  2. Pentingnya Penilaian dalam proses kenajuan siswa
  3. Menguasai Teknik dan Bentuk Penilaian
  4. Analisa Penilaian yang telah dilakuakn dan menyususn strategi tepat agar ketercapaian siswa lebih baik.
Komitmen Para Guru disaksikan para narasumber, Kepsek dan Yayasan

Di akhir acara, para guru membuat komitmen bersama bahwa hasil IH ini akan dilaksanakan sebaik mungkin dalam proses KBM. 

0 comments: