17 April 2010

"YOU ARE WHAT YOU THINK ABOUT" REKOLEKSI SISWA KELAS X


MAHAWU - "Siapakah saya? Saya adalah apa yang saya pikir. Dalam bahasa Inggris, you are what you are thinking." Demikianlah, kata Pak Tri, Kepala Asrama Lokon dalam kesempatan membuka Rekoleksi Siswa kelas X SMA Lokon di Alamanda Retreat, di kaki Gunung Mahawu yang sejuk dan berkabut. "Di mana pun, kapan pun, siapa pun, anda berada ada tiga hal yang selalu menempel dalam hidup dan kehidupan manusia. Tiga hal itu adalah EMOSI, PIKIRAN DAN PERBUATAN. Jika kamu sedang sedih, maka pikiran akan menyuruh sikap dan perbuatan kamu yang menunjukkan kesedihan. Wajah menjadi murung, atau kurang senyum. Mudah tersinggung dan tidak ceria. Setiap saat kamu akan menghadapi emosimu sendiri yang bisa jadi muncul dari reaksi atas kata dan perbuatan orang lain.

Oleh karena itu, ingat bagaimana cara kamu mengendalikan emosi-pikiran-perbuatan dalam hidup, itulah dirimu. Kamu boleh pintar atau kurang pintar dalam akademis tetapi kalau kamu tidak cerdas dalam mengendalikan emosi, mengendalikan pikiran dan apalagi mengendalikan perbuatan, maka "apa kata dunia" terhadap dirimu? Rekoleksi adalah kesempatan untuk merenung dan berefleksi atas bagaimana kamu mengendalikan emosi-pikiran-perbuatan. Selamat berekoleksi.

Berbeda dengan Kepala Asrama, Bp. Eldad Tambun, Wakasek HubMas menegaskan kembali bahwa sekolah dan asrama tidak akan henti-hentinya menyampaikan dan mengingatkan tentang aspek sosial, aspek budaya, aspek personal, dan aspek spiritual dalam mengembangkan seluruh potensi siswa. Untuk itu, dibutuhkan kecerdasan-kecerdasan dalam mengolah seluruh aspek dimensi kehidupan manusia. Maka, anda akan mengenal kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, kecerdasan intelektual, kecerdasan physik, kecerdasan spritual, Semua itu saling berkaitan satu sama lain integral dan holistik.

Sesudah sambutan-sambutan, Bapak Kepala Sekolah, Bp DR. Max Imbang membuka secara resmi rangkaian rekoleksi para siswa kelas X yang kemudian menyerahkan sepenuhnya kepada Pastor Rhein Saneba Pr dan  para pendamping. Menurut para pendamping, kegiatan rekoleksi ini dilaksanakan dengan metode pendekatan "Cura Personalis (perhatian secara pribadi dan utuh) dan Cura Animarum (perhatian pada Jiwa)" dan pelaksanaannya diwujudkan dalam refleksi dan renungan.

Gelombang Pertama (17-18 April 2010) diikuti 69 siswa gabungan kelas XC, XD dan martikulasi
Gelombang Kedua (24-25 April 2010) diikuti oleh 60 siswa gabungan kelas XA dan XB.


0 comments: