03 April 2012

Alumni SMA Lokon, Raih Putra Tomohon 2012

Putra-Putri Tomohn 2012 Berfoto Bersama Jimmy Eman, Plt. Walikota


Jumat, 30 Maret 2012, malam sekitar pukul 24.00 wita, di Audiotorium Bukit Inspirasi, juri Pemilihan Putra-putri Tomohon 2012 mengumumkan bahwa Christo Runtuwene, alumni SMA Lokon, angkatan 5 dinobatkan sebagai Putra Tomohon berpasangan dengan Nikita Lengkey, sebagai Putri Tomohon 2012.

Keberhasilan alumnu SMA Lokon ini bukatn tanpa perjuangan. Ia terpilih dari 39 finalis yang malam itu berjuang untuk menjadi yang terbaik. Dalam tahapan seleksi itu, awalnya dipilih lima besar PPT, kemudian tiga besar. Ketika lima besar sudah terpilih, juri bertanya kepada peserta yang mendapat undian juri siapakah yang akan bertanya.

Untuk tahap 3 besar yang bertanya Plt. Walikota Tomohon, Jimmy Eman, "Kalau anda nanti terpilih menjadi duta wisata Tomohon, apa yang anda lakukan?". Kemudian Christo menjawab dalam bahasa Inggris seperti ketika juri bertnya padanya di lima besar. Jawab Christo, Tomohon akan diperkenalkan ke semua orang baik secara nasional maupun internasional. Potensi wisata, budaya dan kuliner yang menjadi unggulan masyarakat harus diperkenalkan sehingga kedatangan wisatawan agar bisa menambah PAD Pemkot. Itulah juga mengapa menguaai bahasa Inggris sangat penting.



Kriteria 4 B, Beauty, Behavior, Brain dan Brave, dipakai untuk menilai setiap peserta. "Bukan hanya cantik atau tampan saja, melainkan peserta harus memiliki intelegensi, serta sikap, kepercayaan diri yang baik.", kata salah satu juri.


Akhirnya Christo Runtuwene dinobatkan menjadi Putra Tomohon yang berhak mewakili Tomohon diajang lebih tinggi seperti pemilihan Nyong dan Nona Sulut, Putera-puteri Indonesia. Yang jelas pada bulan Agustus mendatang Tomohon menyelenggarakan Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang di dalamnya ada Tournament of Flower (TOF) dan salah satu agendanya adalah Pemilihan Putra-putri Bunga yang diikuti oleh semua peserta TOF balik luar maupun dari kota/kabupaten seluruh Indonesia.



Kalau Emor berpretasi di dunia sains fisika tingkat dunia, Christo berada dalam ranah pariwisata atau seni dan budaya. Keseimbangan otak kanan dan kiri juga menjadi perhatian dalam kurikulum di SMA Lokon. Bukitnya, SMA Lokon menjadi juara kolintang Nasional dalam Festival Malesung baru-baru ini di Jakarta.

0 comments: