Pameran Pendidikan (LEE 2017) di SMA Lokon akan diselenggarakan Sabtu, 28 Oktober 2017 Pendaftaran 0431.3511929

23 Februari 2013

Tawarkan Siswa Ikut Program Akselerasi 5 Tahun

LOSNITO - SMP dan SMA Lokon St Nikolaus Tomohon membuat terobosan baru pada tahun pelajaran baru 2013/2014, melalui program pendidikan akselerasi hanya dalam waktu 5 tahun untuk menyelesaikan studi dari jenjang menengah pertama hingga menengah atas.

Menurut Kepala Lemlitbang Yayasan Pendidikan Lokon Prof  Mezak Ratag, akselerasi pendidikan SMP-SMA Lokon ini dapat menjawab kebutuhan pendidikan khusus bagi siswa-siswa yang memiliki kemampuan khusus di bidang akademik.

“Setiap tahun pelajaran baru kami menerima banyak siswa yang dianugerahi kemampuan lebih di bidang intelektual. Anak-anak Sulawesi Utara banyak yang memiliki IQ di atas rata-rata dan jika dibina secara tepat serta didukung dengan pola pendidikan yang sesuai diyakini akan menghasilkan intelektual-intelektual muda yang cemerlang di masa depan,” jelasnya, kemarin.

Ia berkeyakinan bahwa pendidikan dengan model sekolah berasrama yang dijalankan oleh SMP-SMA Lokon sangat tepat dan mendukung pelaksanaan program akselerasi SMP-SMA hanya selama 5 tahun, termasuk satu tahun pre-college dengan menyelesaikan sejumlah kredit kuliah perguruan tinggi nasional dan internasional. ”Di Asrama SMP misalnya siswa selain dilatih menjadi mandiri, disiplin dan bersikap sosial, para siswa juga memiliki waktu belajar mandiri yang leluasa untuk melakukan rupa-rupa kegiatan eksplorasi ilmiah. Siswa di asrama bisa mengatur ritme belajar yang sesuai dengan kemampuan intelektual yang mereka miliki,” tutur Ratag.

Sekolah di bawah Yayasan Lokon ini memang telah banyak mengukir prestasi membanggakan dengan model kurikulum yang dijalankan saat ini, misalnya pada bulan November 2013, SMP-SMA Lokon menjadi tuan rumah Asia Pacific Astronomy Olimpiad yang akan diikuti oleh lebih dari 10 negara. Pada bulan Desember 2012 baru lalu, Team Indonesia yang dipimpin oleh Prof Mezak Ratag mengutus 2 siswa terbaik dari Sulut yaitu Nadia Pangemanan dan Valensia Sumaki, siswa kelas 2 SMP Lokon yang menjadi peserta termuda dalam even international ini.

Demikian juga untuk SMA Lokon telah meraih banyak prestasi, khususnya di bidang olimpiade sains, baik di tingkat nasional maupun tingkat international. Pada tahun 2010 meraih medali emas Fisika Olimpiade International di Kroasia dan terakhir pada tahun 2012 berhasil menyabet 3 medali dalam Olimpiade Sains Nasional di Jakarta. Pada tahun 2011 dipercaya sebagai tuan rumah Olimpade Nasional, khususnya untuk bidang Biologi dan Astronomi.

“Untuk mengikuti program akselerasi SMP-SMA Lokon ini, calon siswa wajib mengikuti tes masuk yang telah dijawadkan akan berlangsung pada hari Sabtu (16/3) mulai pukul 08.00 Wita. Kuota yang tersedia sangat terbatas, jadi diharapkan untuk mendaftar secepatnya,” kata Jimmy Pontoan, Humas Yayasan Pendidikan Lokon.

0 komentar: