03 May 2013

Suasana Peringatan Hardiknas 2013 Tomohon



LOSNITO - Kami, 2 Mei 2013, Upacara peringatan Hardiknas dipusatkan di Stadion Parasamya, Wailan, Tomohon Selatan. SMP/SMA Lokon, seperti tahun lalu, ikut dalam upacara itu bersama 112 SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi se-kota Tomohon.

Keramaian khas anak-anak sekolah terjadi menjelang dan selama upacara itu. Cuaca yang cerah dan matahari tidak terlalu terik karena tertutup oleh awan, bukan menjadi halangan para peserta berdiri di atas lapangan rumput.

Beberapa siswa berada di luar arena upacara. Mereka sibuk sendiri dengan peralatan drumband dan marching bandnya, Yang lain berteduh di bawah pohon entah apa yang mereka tunggu, Sementara beberapa petugas, driver, dan pedangan asongan masing-masing bertugas untuk memanfaatkan fungsinya.



Upacara itu hanya seremonial saja yang terus diulang-ulang seperti tahun lalu. Sementara itu tema Hardiknas, "Meningkatkan Kualitas dan Akses Berkeadilan" hanyalah bersifat informatif dan cenderung pamer kekuasaan yang didukung dengan dana 7,8 trilun untuk mengimplementasikan program-program yang katanya berpihak kepada rakyat miskin.

Memang tak ada diskusi tentang tema itu, tetapi fakta di lapangan mereka menjadi pendengar informasi yang tak perlu didengar secara serius, mungkin sikon yang kurang pas.

Setelah upacara selesai, para peserta melanjutkan pawai menuju ke pusat kota yang berjarak 10 km lebih dan finish di panggung kehormatan di mana Walikota dan jajaran Pemkot sudah menunggu semua peserta hingga terakhir.


SMP Lokon diurutan ke 21. Dan SMA Lokon diurutan ke 2. Karena itu bisa berjalan beriringan dalam pawai pendidikan. Selain kelompok baris berbaris juga marching band dengan seragam sederhana dan musik yang sudah dihafal berupaya menghibur masyarakat Tomohon.
 
Ada baiknya, pawai pendidikan setiap 2 Mei ini menjadi kesempatan yang berharga untuk memperkenalkan sekolah dan kekhasan sekolah berasrama. Sorenya, karena beberapa siswa lulus seleksi mewakili kota Tomohon diajang OSN tingkat Provinsi Sulut, mereka menerima penghargaan dan peneguhan dari Walikota di Bukit Inspirasi.

0 comments: