20 August 2016

Dari Festival Panas Bumi Hingga Pawai Pembangunan

YPL -Sulut - UGM
LOSNITO NEWS - Bulan Agustus menjadi bulan penuh, "iven" di kota Tomohon. Di kota sejuk ini Pemkot menggelar berbagai iven yang tujuannya mendongkrak pariwisata dan otomatis dapat menambah pundi-pundi untuk PAD.


Dalam rangka Tomohon International Flower Festival 2016, Pemkot menggelar banyak iven. Sebut saja, Festival Panas Bumi ke-2 (5/8), Tomohon Linow Lake ke-2 (6/80, Tournament of Flowers (8/8), Festival Kuliner, Fashion Flower Carnival (8/8).

Festival Panas Bumi

Potensi panas bumi Lahendong Tomohon dan Minahasa Sulut, berada pada ketinggian 750 mdpl dengan bentang alam yang indah. "Fumarol, mata air panas, kolam, gunung lumpur, bebatuan teralterasi satu sama lain. 40% kebutuhan listrik Sulut berasal dari lapangan panas bumi Lahendong" kata Bu Dr. Pri Utami, PhD, dosen UGM sekaligus dosen Pembimbing Lapangan bagi KKN PPM UGM 2016.

Festival Panas Bumi yang digelar 4-5 Agustus 2016 di seputaran dana Linow, merupakan manifestasi dari pemanfaat sumber daya energi panas bumi untuk industri, pariwisata dan pendidikan. Karena itu, "Kehadiran sebuah taman Pendidikan Panas Bumi diperlukan sebagai sarana pembelajaran yang bersifat rekreasional untuk meningkatkan pengetahuan terhadap sumber daya energi panas bumi, sehingga dukungan masyarakat terhadap pengembangan energi yang bersih dan terbarukan ini menguat" lanjut Bu Pri Utami.
Prof. Dr. Suratman, Wakil Rektor UGM, Ronald Korompis, Yayasan Pendidikan Lokon, dan Steven Kanouw, Wagub Sulut

Sasarannya adalah generasi muda untuk belajar, meneliti, dan bekerja atau berusaha di sektor panas bumi dan menggugah kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan dalam pengembangan sumber daya alam pada umumnya.

Kegiatan Lainnya

Setelah itu, Pemkot juga menggelar Pawai Bocah (16/8), Pawai 17an dan Pawai Pembangunan (19/8) yang diiuti oleh sekolah, swasta dan intansi pemerintah.

Dari sekian kegiatan itu, Yayasan Pendidikan Lokon, SMP/SMA Lokon terlibat dalam beberapa kegiatan.

Festival Panas Bumi:
1. Ikut Pameran
2. Ikut Lomba Cerdas Cermat Kebumian : juara pertama

Tomohon Linow Lake
1. Lomba Lari tingkat SMA/SMP - 5 km: juara pertama tingkat SMA dan juara 5 tingkat SMP

TOF
Ikut defile Marching Band SMA lokon

Pawai 17an
Ikut Defile dan display
1. Marching Band SMP Lokon
2. Marching Band SMA Lokon

Pawai Pembangunan
Kendaraan Hias YPL

0 comments: