SMA Lokon Disiapkan Untuk Pelaksanaan Kebumian OSN 2019 ~ Losnito NEWS | SMP-SMA LOKON

19 Maret 2019

SMA Lokon Disiapkan Untuk Pelaksanaan Kebumian OSN 2019

 Tomohon, LOSNITO NEWS -  Olimpiade Sains Nasional (OSN) menjadi tolok ukur sekolah untuk mengevaluasi sejauh mana mapel-mapel OSN dipersiapkan dengan baik oleh setiap guru. Ada berapa siswa yang bisa lolos mengikuti OSN tingkat Nasional?

Untuk lolos ke tingkat Nasional, memang tidak mudah. Persaingan siswa dimulai sejak tingkat Kota/Kabupaten, lalu bersaing lagi di tingkat Propinsi. Apabila, siswa bisa melewati passing grade yang telah ditentukan, maka siswa berhak mewakili Propinsi di ajang OSN atau tingkat Nasional.
Latar Belakang Gunung Lokon
"Tahun 2019, OSN tingkat Kota/Kabupaten,  SMA Lokon menduduki peringkat 1 di bidang Matematika, Fisika, Ilmu Kebumian (Geosains), Astronomi, dan Geografi. Di ilmu Kebumian peringat satu, dua dan tiga diwakili oleh SMA Lokon. Kimia, peringkat 3. Komputer peringkat 2" ungkap Kepsek SMA Lokon, Bp. Stephanus Poluan, SIP

"Sayang belum ada wakil di Biologi dan Ekonomi" imbuh Kepsek SMA.

Berbeda dengan SMA Lokon, Kepsek SMP Lokon Bp. Martinus Senduk, SS, M.Hum memberi informasi bahwa OSN bidang Matematika diraih oleh siswanya, atas nama Vaughn Daniel Kenneth Siburian. Sedangkan, Chintya Tiwow, peringkat 2 bidang IPA, dan Giacinta Pitoy, peringkat 8 untuk bidang IPS.

Selasar SMA Lokon
Selasa siang tadi, Kepsek SMA Lokon menerima tamu dari tim pelaksana OSN 2019. Pak Sadrak dan Pak Hendra, dari tim Juri Kebumian OSN 2019 didampingi oleh Kadis Pendidikan SMA Sulut meninjau kampus SMA Lokon yang rencana menjadi tempat penyelenggaraan OSN 2019 bidang Ilmun Kebumian.

"Jika rencana itu terlaksana, maka untuk kedua kali SMA Lokon ditunjuk sebagai tuan rumah untuk OSN jenjang SMA/MA bidang Kebumian. Yang pertama OSN XV Tahun 2011 dan rencana yang kedua OSN XVIII Tahun 2019" ucap Kepsek SMA Lokon.

Pak Hendra dan Pak Sadrak, Tim OSN 2019, di Plasa SMA Lokon
Tempat pelaksanaan OSN XVIII tahun 2019 akan dilaksanakan di Manado, Sulawesi Utara, pada tanggal 30 Juni sd 6 Juli 2019.

Semoga ada siswa Lokon yang lolos di tingkat Propinsi dan berhak ikut ajang OSN di Tingkat Nasional yang diselenggarkan di Manado. Salah satunya, bidang Ilmu Kebumian (Geosains) rencananya akan dilaksanakan di SMA Lokon. Semoga!

0 comments: