17 November 2009

BERJUMPA DENGAN WAKIL RAKYAT DPD RI & DPRD TOMOHON


Kamis, pukul 15.00, siswa-siswi SMA Lokon berjejal duduk di Mini Theatre. Hari ini ada acara istimewa. Sehabis makan siang semua siswa diarahkan untuk masuk ke ruang Mini Theatre. Begitu siswa masuk, suasana terasa padat. Mini Theatre yang berkapasitas 250 orang terasa sesak dijejali oleh siswa. Tampak ada yang duduk dilantai siap untuk menyambut orang-orang penting yang mereka sebut sebagai Wakil Rakyat.


Tak lama kemudian, rombongan "wakil rakyat" masuk ke ruang Mini Theatre. Sambutan tepuk tangan siswa sambil berdiri menyambut rombongan. Applause ini membuat suasana makin meriah. Satu-persatu rombongan diperkenalkan oleh ketua rombongan Bapak Frans Tinggogoy wakil DPD dari Sulut. Mereka berasal dari Jatim, Lampung, Jabar, Banjarmasin, Padang, dan Fraksi Demokrat DPRD Tomohon.


Dalam acara itu, nuansa politik sangat kental ketika terjadi dialog dengan siswa daripada motivasi training untuk para siswa. Dialog ini menjadi tanda bahwa pendidikan politik sejak dini terjadi di ruangan ini. Betapa bersyukurlah para siswa Lokon mendapat perhatian ini.

Beberapa hal yang menjadi perhatian dalam interaksi antara siswa dengan para wakil rakyat adalah:
(1) DPD RI datang ke Lokon untuk menyerap aspirasi siswa (masyarakat muda) terutama tentang kepedulian pendidikan dan anggaran pendidikan.
(2) DPRD Tomohon memperjuangkan untuk bea siswa bagi masyarakat Tomohon agar bisa disekolahkan di SMA terbaik seperti SMA Lokon. Pada prinsipnya alokasi dana untuk bea siswa memang ada. Tinggal persetujuan dan komitmen bersama antara pemkot dan DPRD.
(3) Komitmen-komitmen yang muncul adalah anti-korupsi, anti-narkoba, prestasi yes, perjuangan ke tingkat nasional, ketekunan dan disiplin dalam belajar.
(4) Harapan-harapan: meloby agar Bapak Presiden RI bisa datang ke SMA Lokon lagi.


Semoga hal-hal itu menjadi pembelajaran bagi siswa di kemudian hari. Hidup Wakil Rakyat!

0 comments: