Pameran Pendidikan (LEE 2017) di SMA Lokon akan diselenggarakan Sabtu, 28 Oktober 2017 Pendaftaran 0431.3511929

20 Agustus 2010

MENJADI REMAJA YANG EFEKTIF DI SMA LOKON


Jumat, 13 Agustus 2010, pkl 20.00 - 22.00

Sesudah makan malam, siswa-siswi sudah berkumpul di Minitheatre, SMA Lokon. Dua orang Suster dari Cimahi, Bandung Jawa Barat sudah duduk di meja narasumber di hadapan anak-anak. LCD proyektor sudah terpasang. Bapak Anton dan Ibu Senli juga sudah siap menjadi memandu acara Pembinaan bagi siswa-siswi Lokon. Jam saat ini menunjuk pukul 20.30 wita. Tampak minitheatre dipenuhi oleh 250 siswa. Sebenarnya ada 350 an tetapi ada sebagian siswa sedang latihan Marching Band untuk persiapan Pawai 17 Agustus nanti.

Doa pembukaan dilantunkan oleh siswa. Ucapan selamat datang disampaikan oleh Kepala Asrama, Bp. Tri Nugroho. Kemudian acara pembinaan malam ini diserahkan ke moderator acara. Narasumber kemudian diperkenalkan oleh Moderator, yaitu Sr. Gabriela OP, Kepala Yayasan Santo Dominikus, Bandung yang berasal dari Jawa Tengah dan Sr. Fidelia OP, Kepala Sekolah SMP St. Mikael, Cimahi, Bandung yang berasal dari Toraja, Sulawesi. Sepatah dua patah kata disampaikan oleh kedua Suster dalam sesi perkenalan.

Apa kabar teman-teman?, kata Suster Fidelia. "Baik" sahut siswa. Tapi karena tidak semua buka mulut. Kembali Suster menanyakan apa kabar. Serentak dijawab "baiiiiik" oleh semua siswa. Kali ini Suster bilang kalau cuma dijawab baik, tidak ada bedanya dengan yang lain. Lalu, Suster minta dijawab "Luar biasa". Kembali anak-anak ditanya, "apa kabar?" "Luar biasa!!!!", jawab semuanya dengan lantang.

Presentasi di mulai. Suster membawakan presentasinya dengan judul "MENJADI REMAJA YANG EFEKTIF". Dalam presentasinya, siswa diajak paham lebih dahulu kata "remaja". Kalau hanya dimengerti harafiah saja, remaja= gagal. Kalau dipahami seperti ini, rem=aja, maka siswa-siswi bisa efektif menggunakan masa remaja dengan luar biasa. Untuk itu, pergolakan masa remaja harus diketahui baik akibat dan pengaruh psikologis, pengaruh sosial dan keimanan.

Lalu diadakan diskusi. Apa yang anda harapkan pada pamong?

Sabtu, 14 Agustus 2010, pkl 08.00 - 13.00

Hari ini para narasumber memberikan pembekalan bagi para pamong.Judul makalah, (1) Psikologi Remaja, (2) Berbagi dengan pamong Asrama:




0 komentar: