Pameran Pendidikan (LEE 2017) di SMA Lokon akan diselenggarakan Sabtu, 28 Oktober 2017 Pendaftaran 0431.3511929

16 Oktober 2013

The IX Asian-Pacific Astronomy Olympiad


LOSNITO - Para peserta APAO 2013 mulai mendaftarkan diri. Tercatat negara-negara yang sudah mendaftar adalah China, Kasakhstan, Korea Selatan, Rusia, Bangladesh (21/9). Setiap negara ada yang mengirim hingga 10 peserta. Tapi ada yang datang hanya sebagai observer saja.

Rencananya APAO IX kali ini akan diikuti oleh 10 negara Asia Pasific. Selain yang disebut di atas, negara-negara yang akan hadir adalah Kyrgyztan, Lamboja, Nepal, Singapura, Siberia dan Thailand. SMA Lokon St. Nikolaus ditetapkan sebagai tempat penyelenggaraan The IX Asian Pacific Astronomy Olympiad, 23 November hingga 2 Desember 2013. Karena itu, paniia lokal sudah menyiapkan diri menyambut kedatangan para peserta.

Olimpiade Astronomi tingkat Asia Pasifik pertama kali digelar di Irkutsk, Siberia, 4-11 Desember 2005. Tujuan diadakan APAO antara lain untuk memperkuat peranan Asia dalam olimpiade sains.


Link: http://www.issp.ac.ru/iao/apao/2013/ap13fees.html




Akhir September lalu, Dr. Michael Gavrilov, Presiden Astronomi International dan Dr. Chatief Kunjaya, Presiden of International Olympiade on Astronomy dan Astrophysics datang secara khusus ke SMA Lokon untuk mengecek persiapan APAO.


Selam kehadirannya di Tomohon diadakan seleksi untuk para peserta dari Indonesia yang akan mengikuti APAO. Tak hanya itu, berdua juga mengadakan observasi ke lokasi-lokasi yang nanti akan dipakai untuk fieldtrip.

Lokasi yang direncanakan akan dikunjungi oleh para peserta dan offisial adalah Bukit Doa Mahawu, Puncak Mahawu, Geothermal Lahendong, Danau Linow, Bunaken, Pulau Lihaga dan sightseeing Manado.

Salah satu alasan penting mengapa SMA Lokon menjadi tuan rumah APAO IX karena SMA Lokon memiliki Mt. Lokon Observatory, teropong bintang yang dimiliki oleh satu-satunya SMA di Sulut.

Sumber: The IX APAO



0 komentar: