07 August 2017

KKN UGM Mengembangkan Potensi Pariwisata Panas Bumi

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman

LOSNITO NEWS -The 3rd Festival Geothermal 2017 bertempat di Danau Linow pada Kamis (3/8/2017) berlangsung meriah. Ini berkat kerja keras 55  Mahasiswa KKN UGM 2017 di Lahendong.

"Kesempatan ini pula, kita boleh menyaksikan Geothermal Education Centre yang telah dibangun oleh PGE Lahendong. Tempat ini sebagai sarana informasi mengenai panas bumi yang bergandengan dengan pendidikan," ujar Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, didampingi  Wakil Wali kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan dan Sekretaris Kota Tomohon Harold Lolowang.  

Taman Wisata Geothermal
Para pejabat

Tampak hadir Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy Irfan Zainudin, General Manager Pertamina Geothermal Energy Lahendong Salfius Patengkey, Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi, mewakili Pangdam XIII Merdeka Sulut Letkol Armed Agus S, Pempinan BNI Wilayah Manado Eko Setiawan.

“Panas bumi menopang kebutuhan masyarakat luas dengan pasokan listrik sebesar 60 persen. Selain itu, pendidikan Geothermal memberikan pemahaman tentang panas bumi. Program mobil listrik yang dicanangkan Presiden Jokowi. Bahan bakunya ada disini," jelas Eman.
Dalam kegiatan The 3rd Festival Geothermal 2017, diresmikan Taman Wisata Geothermal (TWG). 


“Taman ini bantuan CSR Pertamina  untuk menambah minat wisatawan datang berkunjung ke Tomohon dan TWG. Hal ini akan menambah Pendapatan Asli Daerah(PAD) Kota Tomohon” terang mahasiswa yang mengantar ke lokasi TWG.

Taman Wisata Geothermal
“Energi panas bumi adalah energi yang bersih dan terbarukan yang dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik.  Festival panas bumi ini sebagai wadah untuk kita menambah pengetahuan tentang panas bumi. Marilah kita bangun dan tingkatkan peran aktif dalam mengelola, memelihara panas bumi sebagai warisan alam yang di kelola dengan mengedepankan alam," kata Eman.
Dalam festival tersebut dilakuakan penandatangan nota kesepahaman antara Pemkot Tomohon dan Pertamina Geothermal Energy.


Sebelum kegiatan festival geothermal, mahasiswa KKN UGM telah mengadakan berbagai kegiatan yang diikuti oleh siswa-siswi SMA se-Sulut. Lomba Debat Geothermal Inovation Challenge, Geothermal Photo Contest, Kreasi Mading Geothermal, Kids contest, Geothermal Expo, Geothermal Talk Show, dan Ecotourism Educative Funtrip, Cultural Festival.


Koor Mahasiswa KKN UGM



Kids Contest

Stand YPL




0 comments: